Beranda » Kabar SMK » Berita » Kepala SMKN4 Jakarta on air di radio

Kepala SMKN4 Jakarta on air di radio

Selasa 10 Agustus 2010  Bkp. Ganef , Kepala Sekolah SMKN4 Jakarta wawancara on air di radio D FM. Radio D FM yang berada di 103,4  MHz ternyata mencium  prestasi SMKN4 yang kian hari kian dikenal dimata masyarakat. Di tangan kepemimpinan Bos kita yang satu ini, bendera SMKN4 Jakarta semakin berkibar.
Saat ditanya , apa sih yang membuat mereka ( Radio D FM ) tertarik mengundang Bapak datang kesana ?
Dengan jawaban datar Bapak menjawab :“ya…Tanya tentang SMKN4 “.
Tentang UP (Unit Produksi) di SMK 4, soal kemandirian Bangsa ,kemampuan untuk memproduksi dan memasarkan di masyarakat dan banyak lagi.
Ini adalah sebagian kutipan dari pembicaraan Bapak (Wahidin Ganef) dengan penyiar  D FM.

Apa sih yang membedakan SMKN4 dengan SMK lain ? :mungkin karena sekolah kita menambah jumlah jam praktik seperti  rielnya yang dikerjakan oleh industri.Dengan demikian siswa dikondisikan untuk siap menyesuaikan diri dengan dunia industri tempat mereka nanti bekerja.
Apa yang dihasilkan oleh UP (Unit Produksi) SMKN4 Jakarta ?:
1. Kami bekerja sama dengan PT.Kanzen Motor ,Vocus dan Citralab. Dari PT.Kanzen kita dipercaya untuk merakit motor dan diberi label Auriga SMK.Kita dipercaya merakit motor sejak 2 tahun yang lalu setelah melalui proses seleksi yang cukup rumit.
Apa bedanya motor Kanzen dengan motor lainnya ?
Dari sisi kualitas Auriga SMK dengan motor lain sama saja . Yang membedakan justru komponen motor rakitan kita menggunakan bahan lokal. Kita bisa memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber daya alam dari Negara kita sendiri.
2. Sekolah kita memproduksi trainer AC ,TV dll sebagai alat pembelajaran.
3. Kita dipercaya PT.Star untuk memproduksi  komponen kendaraan yaitu kolar. Untuk memperoleh kepercayaan tersebut bukan suatu hal yg mudah karena kita memerlukan waktu  3 Bulan sampai industri  bisa mempercayai  kualitas produksi kita. Hal ini bisa membuka peluang praktik bagi siswa .
4.Kita juga bekerja sama dengan Hadman pemroduksi mesin CNC. Kita diberi kewenangan untuk merakit dan memasarkannya.
Apa sih visi SMKN 4 Jakarta :
Visi SMKN4 Jakarta adalah : SMK unggul pembentuk SDM bermutu.
Dari 4 misi , Misi ke 3 yaitu mengacu best training berbasis produksi, melakukan pembelajaran berbasis produksi.
Bapak cerita juga tentang kemampuan kita mengekspor hasil  produksi SMKN4 berupa furniture ke Eropha dan Korea, akan tapi sementara ini kita mundur tidak memproduksi lagi krn terlalu berat tekanan volume waktu . Lebih bagus cari orderan  di lingkungan wilayah kita dulu,  karena harga juga jauh lebih bagus.
Orderan tetep jalan terus , dan siswa kita libatkan secara langsung dalam memproduksi serta belajar mencari order dengan menyaksikan guru mencari orderan di lapangan.
Dengan demikian siswa bisa belajar berwira usaha sendiri . Selain itu siswa juga bisa mendapatkan hasil untuk membantu orang tuanya menutup SPP atau bayaran mereka.
Tidak hanya itu , ada beberapa anak yg sementara tidak kita lepas begitu saja   karena kita ingin mengembangkan career centre . Siswa yang berpotensi kita didik dulu setelah lulus selama 6 Bulan sampai1 Tahun, agar kompetensi siswa jauh lebih bagus. Dalam masa tersebut siswa diajarkan banyak hal dan menjadi leader bagi adik kelasnya .Setelah masa tersebut berakhir mereka bisa bekerja atau berwira usaha dengan penghasilan yang lebih bagus.
Harapan Bapak ,semoga pemerintah tanggap dan jeli pada permasalahan Bangsa. Karena kita memiliki SDM (Sumber Daya Manusia)dan SDA(Sumber Daya Alam) yang bagus, sayang kalau kita tidak bisa memanfaatkannya. Bila tidak bisa memanfaatkannya ,suatu saat Bangsa kita hanya akan menjadi pemakai dan pengontrak di Negara sendiri.
Bapak juga mencontohkan  Guang jo pusat industri China .di sana  tumbuh kesadaran bahwa produksi mereka ,merekalah yang memakai sendiri karena dengan mau memakai berarti mereka sadar bahwa mereka membantu keluarga.Karena bisa jadi keluarganya juga ikut terlibat dalam produksi atau menjadi karyawannya di dalamnya.

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan SMKN4JKT.sch.id dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. SMKN4JKT.sch.id akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

SMKN4JKT.sch.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

X