Beranda » Kabar SMK » Berita » Ujian Nasional 2016 » Sekitar 4000 Sekolah Laksanakan UN Berbasis Komputer Tahun 2016

Sekitar 4000 Sekolah Laksanakan UN Berbasis Komputer Tahun 2016

WARTA KOTA, SENAYAN – Sekitar 4000 sekolah direncanakan akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di tahun 2016.

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nizam mengungkapkan, sekolah-sekolah yang akan melaksanakan UNBK terdiri dari jenjang SMP, SMA, dan SMK.

“Hampir 4000an sekolah jenjang SMP, SMA, dan SMK akan mengikuti UNBK, sekolah-sekolah itu berasal dari 34 provinsi di 400 kabupaten,” kata Nizam ditemui Kantor Kemendikbud, Senayan, Jumat (8/1).

Nizam mengungkapkan, sebelumnya di tahun 2015, UNBK hanya diikuti oleh 554 sekolah dari 24 provinsi di Indonesia.

Adapun persiapan yang dilakukan untuk UNBK tahun ini adalah tryout atau percobaan.

“Hingga saat ini, try out sudah dilakukan sebanyak satu kali yakni pada minggu pertama Januari. Sedangkan untuk tryout kedua rencananya dilakukan pada awal Februari,” jelas Nizam.

Seperti sebelumnya, Nizam mengingatkan bagi sekolah maupun daerah yang akan menyelenggarakan UNBK untuk tidak memaksakan diri dengan mengadakan perlengkapan komputer atau laptop.

“Daerah atau sekolah diimbau untuk tidak melakukan pengadaan peralatan yang ada karena UNBK sifatnya memaksimalkan peralatan yang ada,” ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya sudah mensosialisasikan, bagi sekolah yang fasilitasnya kurang dan terletak dekat dengan sekolah yang memiliki fasilitas lengkap untuk menggunakan fasilitas yang berlebih tersebut.

“Misalnya anak SMP bisa mengikuti ujian di SMA atau SMK jika fasilitasnya belum ada, tidak perlu masing-masing punya,” tutupnya.

Adapun berdasarkan jadwal, UN 2016 akan dilaksanakan pada 4 April untuk siswa SMA dan SMK, serta 7 Mei untuk siswa SMP. (Agustin Setyo Wardani)

http://okezone.com/

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan SMKN4JKT.sch.id dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. SMKN4JKT.sch.id akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

SMKN4JKT.sch.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

X