Beranda » Kabar SMK » Berita » SNMPTN 2016 » Catat Jadwal Daftar SNMPTN 2016!

Catat Jadwal Daftar SNMPTN 2016!

JAKARTA – Mulai pekan depan, para siswa kelas XII SMA/sederajat sudah harus bersiap mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016. Yuk, cari tahu jadwal lengkap rangkaian pendaftaran seleksi sebagai mahasiswa baru di kampus negeri ini!

Ketua Pelaksana SNMPTN dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 Rochmat Wahab menjelaskan, pendaftaran seleksi jalur undangan diawali dengan pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Tahapan ini dibuka pada 18 Januari hingga 20 Februari.

“Siswa kelas XII bisa mendaftar SNMPTN 2016 pada 29 Februari hingga 12 Maret,” ujarnya dalam acara peluncuran SNMPTN dan SBMPTN 2016 di Kemristekdikti, Jakarta, Jumat (15/1/2016).

Setelah mendaftar, calon peserta SNMPTN bisa mencetak Kartu Tanda Peserta pada 22 Maret hingga 21 April. “Proses seleksi dilakukan PTN pada 24 Maret hingga 8 Mei. Sedangkan hasil seleksi akan diumumkan pada 10 Mei,” imbuhnya.

Mengutip buku panduan awal SNMPTN 2016, SNMPTN atau yang lebih dikenal jalur undangan merupakan seleksi yang dilakukan oleh masing-masing PTN di bawah koordinasi Panitia Nasional, berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik calon mahasiswa. PTN peserta SNMPTN ditetapkan oleh Majelis Rektor Perguran Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan serentak.

Siswa peserta SNMPTN tidak perlu mengeluarkan biaya apa pun. Bahkan peserta SNMPTN yang kurang mampu secara ekonomi dan dinyatakan diterima di PTN berpeluang mendapatkan bantuan biaya pendidikan selama masa studi melalui program Bidikmisi.

Sumber: http://okezone.com

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan SMKN4JKT.sch.id dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. SMKN4JKT.sch.id akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

SMKN4JKT.sch.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

X