Beranda / Program Keahlian / Teknik Konstruksi Batu Beton
  • Slide 1

  • Slide 2

Teknik Konstruksi Batu Beton

SUHARYONOTujuan Program Keahlian Teknik Bangunan Gedung secara umum mengacu pada isi Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu.

Secara khusus tujuan Program Keahlian Teknik Bangunan Gedung adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten :

  • Melakukan pekerjaan sebagai pelaksana pekerjaan bangunan gedung
  • Melakukan pekerjaan jasa (pemborong) secara mandiri/berwirausaha dalam pelaksanaan pekerjaan bangunan gedung.

STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI KEJURUAN

  1. Dasar Kompetensi Kejuruan Konstruksi Batu dan Beton

Latar Belakang.

Kompetensi Dasar Kejuruan Konstruksi Batu dan Beton merupakan suatu kelompok kompetensi yang sangat penting dan mendasar bagi peserta didik Programkeahlian Teknik Bangunan dan. Semua produk Konstruksi Batu dan Beton dalam berbagai bentuk atau ujud mempunyai unsur garis, tekstur, warna, bidang. Bentukan (produk) ini, kecuali artistik harus memperhitungkan fungsi, ergonomi, (dalam batas pegangan, jangkauan, kedudukan tubuh yang benar dan nyaman) serta ekonomi. Hal tersebut dipelajari atau didapatkan dengan mengembangkan proses desain yang mengacu dalam proses pemecahan masalah dalam membentuk.

Kemampuan Dasar Kompetensi Keahlian  merupakan kemampuan yang sangat mendasar untuk mengembangkan kompetensi peserta didik Programkeahlian Teknik Bangunan selama belajar. Kajian materi (pengetahuan) dan keteknikan diupayakan secara optimal mengacu pada kemampuan menggambar dan membentuk.

Pelatihan-pelatihan yang diberikan pada mata pelajaran kompetensi kejuruan ini, antara lain meliputi :

  1. Menerapkan dasar-dasar gambar teknik, di desain untuk mengenalkan dan melatih peserta didik tentang berbagai dasar-dasar gambar teknik serta Mengidentifikasi peralatan gambar teknik melalui proses eksplorasi tentang menggambar garis, menggambar bentuk bidang dan bentuk tiga dimensi , menggambar proyeksi benda serta menggambar dengan perangkat lunak (software) dengan proses desain yang benar.
  2. Menerapkan ilmu statika dan tegangan, untuk mengenal besaran vektok, system satuan, hukum newton, membuat diagram gaya , serta menerapkan teori tegangan pada konstruksi bangunan , sebagai media analisis bentuk dalam rangka pengembangan imajinasi.
  3. Mengidentifikasi ilmu bangunan gedung , merupakan pendekatan yang sangat metodologis untuk menguasai struktur dasar suatu bentuk. Ilmu Gedung Bangunan merupakan suatu ilmu yang membahas dan mendeskripsikan bagian-bagian bangunan gedung,menjelaskan macam-macam pekerjaan batu bata, Menjelaskan dasar-dasar plambing, Menentukan jenis pondasi yang tepat untuk bangunan sesuai dengan jenis tanahnya, Menjelaskan macam-macam sambungan serta Menerapkan macam-macam konstruksi pintu dan jendela.
  4. Memahami bahan bangunan, merupakan pendekatan untuk mengembangkan berbagai bahan bangunan pada suatu benda ( bangunan gedung ),serta memahami berbagai kelebihan dan kelemahan berbagai bahan bangunan yang sering dipakai dalam membangunan rumah atau bangunan gedung lainnya.
  5. Menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja (K3), merupakan bentuk pelatihan dasar yang harus dikembangkan dan dibiasakan sebagai modal dasar dalam bekerja.

Tujuan

Mata pelajaran dasar kompetensi kejuruan ini bertujuan untuk menumbuhkan potensi  peserta didik, yaitu :

  1. Kepekaan artistik dan daya kreatif melalui menggambar dan membentuk, serta kepekaan pemecahan masalah (proses desain) dalam mewujudkan suatu bentuk.
  2. Penguasaan keterampilan dasar konstruksi bangunan sebagai dasar penguatan kompetensi kejuruan melalui pengenalan eksplorasi (penemuan), pengamatan, analisis dan apresiasi menggambar dua dimensi dan membentuk tiga dimensi, dengan berwawasan lingkungan hidup yang sehat dan nyaman.

Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan meliputi aspek-aspek sebagai berikut.

  1. Menerapkan dasar-dasar gambar teknik ,
  2. Menerapkan Ilmu Statika dan Tegangan,
  3. Mengidentifikasi ilmu bangunan gedung ,
  4. Memahami bahan bangunan
  5. Menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja (K3).

Pelatihan dasar kompetensi kejuruan tersebut diharapkan dapat dilaksanakan di tingkat I semester pertama dan semester 2 sehingga mampu memberikan penguatan terhadap penguasaan Kompetensi Kejuruan berikutnya.

Pramuka