Program Keahlian

This post is also available in: English

1. Teknik Konstruksi Batu dan Beton

1. Teknik Konstruksi Batu dan Beton

Program Keahlian Konstruksi Batu dan Beton merupakan jurusan yang memiliki prospek sangat baik saat ini maupun dimasa yang akan datang, lajunya pertumbuhan dibidang properti; perumahan, perkantoran, apartemen, pusat perdagangan/Mall, serta proyek pembangunan pemerintah baik struktur/infrastruktur tentu membutuhkan sumber daya manusia yang mempunyai kemampuan dibidangnya baik sebagai tenaga ahli Konstruksi Bangunan atau tenaga ahli gambar arsitektur dan kesempatan kerja di Jepang.

Selengkapnya

2. Teknik Furnitur

2. Teknik Furnitur

Program Keahlian Furnitur SMKN 4 Jakarta, merupakan program yang menghasilkan SDM berkualitas dan berjiwa wirausaha dibidang perkayuan, khususnya furnitur. Selain pendidikan dasar mengenal material kayu seperti: Jati, Mahoni, Sonokeling, Kamper, jenis-jenis teakwood dan kayu industri, juga diajarkan pengetahuan mendesain, seperti etnik furnitur, minimalis furnitur, klasik furnitur, garden furnitur, jenis pintu dan kusen.

Selengkapnya

3. Teknik Audio Video

3. Teknik Audio Video

Elektronik Audio Video baik sebagai sarana hiburan maupun alat rumah tangga, alat komunikasi atau sebagai sarana penunjang kerja lainnya, saat ini sudah merupakan kebutuhan umum dalam kehidupan sehari-hari. SMKN 4 Jakarta melalui program keahlian Audio Video mempersiapkan peserta didiknya untuk mampu bekerja di bidang industri audio video secara baik dan profesional, baik sebagai teknisi pada industri elektronika atau mengelola usaha mandiri / wiraswasta dalam bidang jasa perbaikan radio, televisi, VCD, DVD dan peralatan elektronik lainnya.

Selengkapnya

4. Teknik Elektronika Industri

4. Teknik Elektronika Industri

Pendidikan yang diterapkan pada jurusan Teknik Elektronika Industri ialah mempersiapkan tenaga-tenaga terampil dan kompeten dalam bidang kontrol elektronika analog dan digital, teknik mikroprosesor dan mikrokontroler, teknik interfacing komputer dan programer, system sensor dan transducer, peunematic dan hydrolic, program PLC, kelistrikan dan kontrol electric, teknik pengendalian, sistem konveyer dan robotic industri, system Keamanan dan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH) dalam dunia industri.

Selengkapnya

5. Teknik Mekatronika

5. Teknik Mekatronika

Teknologi yang menggabungkan tentang mesin elektronika dan informatika. Lulusan mampu merancang, mengoperasikan dan memelihara sistem mesin yang dikendalikan secara elektronik berbasis sentral elektronik yang diprogram menggunakan bantuan PLC dan komputer. Selain itu mampu mengoperasikan mesin industri berbasis Otomation Machine, mampu mengoperasikan dan merawat mesin industri berbasis Peunematic Hydrolic dan lain-lain.

Selengkapnya

6. Teknik Instalasi Tenaga Listrik

6. Teknik Instalasi Tenaga Listrik

Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik mendidik peserta didik dengan keahlian dan keterampilan dalam perencanaan pemasangan instalasi penerangan, pemasangan dan pengoperasian pengendali motor listrik dengan kendali elektro mekanik, elektronik maupun PLC (Programable Logic Control) merawat dan memperbaiki alat rumah tangga listrik dan teknik pendingin, serta rowinding/menggulung ulang motor listrik, agar lulusannya dapat bekerja, baik secara mandiri maupun mengisi pekerjaan yang ada di dunia usaha/Industri, sebagai tenaga kerja tingkat menengah.

Selengkapnya

7. Teknik Pemesinan

7. Teknik Pemesinan

Program Keahlian Teknik Pemesinan membekali peserta didik dengan keterampilan pemesinan yang meliputi mengoperasikan mesin-mesin produksi dengan komputer CNC (Computer Numerical Control), mesin bubut, mesin prais, mesin skrap, mesin bor, mesin gerinda dan mengasah alat-alat potong, Teknologi las, serta fabrikasi logam. peserta didik juga di bekali dengan pengetahuan membaca dan menggambar dengan teknik manual dan CAD (Computer Aidet Design), pengenalan dan pengolahan bahan, mengukur dengan alat ukur mekanik presisi, menggunakan perkakas tangan serta melakukan perhitungan dasar dan lanjut.

Selengkapnya

8. Teknik Pengelasan

8. Teknik Pengelasan

Kompetensi Keahlian Teknik Pengelasan membentuk lulusan terampil, berpengetahuan dan berkarakter unggul sebagai calon tenaga kerja tingkat menengah pada bidang perencanaan dan pelaksanaan teknik pengelasan atau sebagai juru las/welder bersertifikasi BNSP pada posisi minimal 3G/3F untuk beberapa jenis pengelasan terutama SMAW/MMAW (Metal Manual Arc Welding), GMAW (Gas Metal Arc WelsJing) dan sebagai calon wirausahawan muda dalam bidang pengelasan.

Selengkapnya

9. Teknik Kendaraan Ringan

9. Teknik Kendaraan Ringan

Pesatnya perkembangan Otomotif, baik untuk keperluan kendaraan pribadi maupun niaga / industri merupakan prospek pasar kerja lulusan program keahlian Teknik Kendaraan Ringan. SMKN 4 Jakarta melalui program keahlian Teknik Kendaraan Ringan mempersiapkan peserta didiknya untuk mampu dan terampil bekerja di bidang otomotif, sehingga mampu mengisi kebutuhan pasar kerja industri otomotif di tanah air, baik sebagai mekanik, operator industri, wirausaha atau melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi negeri atau swasta.

Selengkapnya

10. Teknik Komputer Jaringan

10. Teknik Komputer Jaringan

Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan menyiapkan tenaga ahli dibidang jaringan komputer seperti administrasi server, teknisi komputer, IT Support, Instalasi Router, Web Programming, dll. Keahlian teknik komputer dan jaringan saat ini telah banyak dimanfaatkan sebagai meciainformasi untuk menyampaikan informasi dan data secara efesien dan efektif dengan sistem jaringan internet maupun intranet.

Selengkapnya
Pramuka